Demi PAD, Dispenda Akan Mengejar dari Kecamatan Hingga Kelurahan

-Hermanus Barus
SAMARINDA – Memperluas jangkauan menambah pundi-pundi pendapatan asli daerah (PAD), Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Samarinda berencana memberdayakan lurah dan camat di antero kota.

Kepala Dispenda Samarinda Hermanus Barus mengatakan, hal tersebut dilakukan lantaran mereka adalah yang paling tahu dengan kondisi kawasan masing-masing. “Kami juga meminta mereka memerhatikan setiap transaksi tanah. Harapannya si pemilik tanah bisa mengurus PBB (pajak bumi dan bangunan),” ucap dia.

Selain itu, keberadaan media iklan pun jadi sorotan. Harus dipastikan yang sudah terpasang adalah yang telah membayar pajak. “Begitu juga rumah makan. Ketika mampir, segera tanyakan apakah mereka sudah bayar pajak atau belum,” jelas mantan inspektur Inspektorat Daerah Samarinda itu.

Jika warga ada menemukan rumah makan belum membayar pajak, agar camat dan lurah bisa sigap menindak. “Kami menerima laporan dari siapa saja. Masyarakat ataupun wartawan silakan saja,” tutupnya.

Tentang niatan tersebut, Camat Sungai Pinang Muhammad Fahmi menyatakan siap menindaklanjuti. Dia pun berencana berkoordinasi dengan lurah dan rukun tetangga (RT).

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Name *
Email *
Website